Hubungan Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Keluarga Dengan Pengaturan Diri Dalam Belajar Pada Mahasiswa

  • Cut Meutia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dan dukungan social keluarga dengan pengaturan diri dalam belajar pada mahasiswa Universitas Islam Negri Medan. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa UIN medan program studi BPI dan KPI tahun ajaran 2014—2015 berjumlah 125 orang. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik random sampling. Alat ukur penelitian ini menggunakan skala likert yang mengukur efikasi diri dan dukungan social keluarga dan pengaturan diri dalam belajar. Pengolah data dilakukan dengan menggunkan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara efikasi diri dan menggunakan dukungan social keluarga dengan pengaturan diri dalam belajar (f  hitung = 59. 738, p<0,05) dari penelitian ini juga diketahui bahwa efikasi diri dan dukungan social keluarga memberikan kontribusi diri dalam belajar pada mahasiswa UIN medan pada 49,5% dan 50,5% dipengaruhi oleh faktor lain.

Published
2018-02-26
Section
Non Eksakta