Tinjauan Tentang Perilaku Menyimpang Pada Remaja

  • Fikriyah Iftinan Fauzi

Abstract

siswa cerdas istimewa berbakat istimewa (c;bi) merupakam siwa yang memiliki karakteristik tingkat IQ superior, memiliki komitmen tugas yang tinggi dan memiliki potensi kreativitas yang memadai, namun begitu, meskipun mereka memiliki potensi yang unggul berdasarkan hasil observasi, dilapangan masih banyak yang menunjukan kurang berkembangnya kreativitas mereka dan belum ada pengembangan kreativitas untuk mereka disekolah, sekolah masih dominan mekankan pendekatan akedemis. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui data emperis, megenai penggambara kreativitas pada siswa yang termasuk dalam kategori cerdas istimewa berbakat istimewa, sampelĀ  dalam penelitian ini sebanyak 83 siswa yang terdiri dari 41 siswa laki-laki dan 42 siswa perempuan. Yang sudah sesuai dengan karakteristik sampel cerdas istimewa berbakat istimewa. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kreativitas yang disusun oleh peneliti mengacu pada teori kreativitas dari Guildford dan menggunakan tes psikologi yang sudah terstandarisasi dalam mengukur kreatifitas yaitu tkf. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan data deskripsif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreatifitas siswa cibi masih banyak yang memiliki sifat kreatif yang rendah sebanyak 44.6% dan sifat kreatifitas yang tinggi sebanyak 55.4%. nilai kreatifitas aspek fluency, originality dan flexibility sebagian ada yang tinggi dan sebagian ada yang rendah, begitu pula dengan aspek elaborasi, hanya saja aspek elaborasi lebih banyak yang tergolong kategori yang rendah.

Published
2018-02-27
Section
Non Eksakta